Rabu, 16 November 2016

Apa Kepanjangan BBM?


Siapa yang belum pernah mendengar kata “BBM”. Eits, kata ini sudah jadi kata yang super populer di era modern nan gaul saat ini loh. Bisa dibilang, semua orang tahu tentang apa itu BBM. Eh, tapi mungkin juga sih, masih ada yang belum tahu tentang BBM dan apa sebenarnya kepanjangan BBM itu.

Ow ya, istilah BBM ini sebetulnya bisa diartikan dalam dua hal dalam dua tema yang berbeda ya. Kalau istilah BBM yang sudah ada sejak jaman dulu di era smartphone belum banyak, berarti BBM ini merujuk pada istilah perminyakan. Tapi kalau BBM untuk era modern, BBM ini cenderung digunakan untuk menyebut salah satu aplikasi dalam smartphone tersebut.

BBM terkait perminyakan
Nah, kalau arti BBM yang terkait dengan perminyakan yang sudah ada sejak jaman dulu nih, pasti deh bapak / ibu / kakek / nenek kamu sudah pada tahu. Kepanjangan BBM ini adalah Bahan Bakar Minyak.

Bahan bakar minyak artinya bahan bakar yang asalnya dari minyak bumi yang diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan suatu zat yang bisa dimanfaatkan untuk pembakaran energi. Contoh BBM bahan bakar minyak ini misalnya adalah bensin/ premium, pertamax, pertalite, solar, minyak tanah, dan bahan bakar lain yang berbentuk minyak ya.

Untuk menemukan BBM ini sangat mudah. Tinggal datang saja ke SPBU dan kamu bisa menemukan aneka jenis BBM yang tersedia di sana.

BBM dalam smartphone
Nah, kalau yang dibahas adalah BBM yang baru muncul di era modern atau yang ada di aplikasi smartphone, maka kepanjangan BBM yang dimaksud adalah BlackBerry Messenger.


BBM ini adalah sebuah layanan pesan instan yang dikembangkan oleh BlackBerry Limited. Dulunya, sih, BBM ini sempat dinamai sebagai RIM. Yah, mirip -mirip pesan singkat di handphone jaman dulu gitu sih. Bedanya, pesan ini memanfaatkan aplikasi yang lebih kaya dengan variasi gambar dan jaringan yang digunakan pun adalah jaringan internet.