Jumat, 25 November 2016

Apa Kepanjangan PKI? Apa Maksudnya?


Ada yang pernah mendengar tentang PKI? Di pendidikan sejarah, kata PKI ini cukup sering diulas dan dipelajari. Pelajaran tentang PKI menjadi hal yang sangat menarik dan penting dalam mengetahui bagaimana sejarah dan perkembangan bangsa ini, terutama pada masa -masa perjuangan pasca kemerdekaan.

Tapi, sudah tahukah kamu singkatan PKI atau kepanjangan PKI ini? Apa pula penjelasan singkat mengenai PKI ini? Berikut akan dijelaskan ulasan singkatnya ya.

Kepanjangan PKI
PKI adalah sebuah singkatan dari suatu partai populer dan berpengaruh di Indonesia masa orde lama. Kepanjangan PKI adalah Partai Komunis Indonesia. Sejarah dari Partai Komunis Indonesia ini bisa dibilang cukup kontroversial dan pelik.

PKI merupakan sebuah partai politik yang berhaluan komunis sosialis. PKI berasal dari ISDV yang mekudian berganti menjadi PKI di tahun 1920 oleh Semaun.

Sejarak PKI
Ya, PKI bukanlah partai yang baru muncul dan mengambil andil sejarah pada pasca kemerdekaan ya. PKI sudah berdiri sejak jaman perjuangan kemerdekaan. Bahkan, di tanggal 13 November 1926, PKI sempat melakukan pemberontakan terhadap pemerintah Belanda.

Pemberontakan lain yang pernah dilakukan PKI juga terjadi di mada masa pasca kemerdekaan. tepatnya di tanggal 18 September 1948, PKI juga melakukan pemberontakan di Madiun.

Kemudian, setelah masa -masa perjuangan mempertahankan kemerdekaan usai, PKI juga menjadi salah satu partai peserta pemilu di Indonesia. PKI bahkan menjadi salah satu partai dominan atau partai besar dengan banyak pendukung.

Menariknya lagi, PKI rupanya begitu lihai dalam mengambil hati Presiden Sukarno kala itu. Karenanya, paham PKI, yakni Komunis juga sempat memunculkan ideologi politik baru, yakni Nasakom alias Nasionalis Sosialis Komunis.

PKI sempat seolah menjadi anak emas dari Presiden Sukarno. Meski pada akhirnya, nama PKI rusuh akibat adanya peristiwa terkenal dan fenomenal yang terjadi pada tanggal 30 September 1966, yang lebih dikenal sebagai G 30 S PKI atau Gerakan 30 September Partai Komunis Indonesia.

Karena adanya pemberontakan ini, maka selanjutnya PKI ditetapkan sebagai organisasi terlarang di Indonesia. PKI sudah dinyatakan sebagai organisasi terlarang tepatnya sejak tahun 1966, dan hingga saat ini, statusnya sebagai partai atau organisasi terlarang masih berlaku ya.

Jadi, sudah tahu khan singkatan PKI atau kepanjangan dari PKI ini? Semoga menambah pengetahuan kamu ya.