Sabtu, 09 Mei 2020

Apa singkatan PGRI? Apa Maksudnya?

PGRI

Pernah mendengar kata PGRI? Istilah atau singkatan PGRI termasuk salah satu singkatan yang populer loh. Apalagi, di dunia pendidikan. Singkatan ini seolah menjadi hal yang sangat akrab bagi mereka yang berkecimpung, terutama yang bekerja di dunia pendidikan.

Tapi, sudah tahukah kamu tentang singkatan PGRI atau kepanjangan dari PGRI ini? Kepanjangan PGRI sangat sederhana dan harus kamu tahu loh. Apalagi, bagi kamu yang bercita -cita menjadi seorang pendidik anak -anak sekolah.

Kepanjangan PGRI
Kepanjangan PGRI adalah Persatuan Guru Republik Indonesia. PGRI alias persatuan guru dari seluruh wilayah di Republik Indonesia ini merupakan suatu bentuk organisasi ya. DI dalam organisasi ini, beranggotakan para guru yang berasal dan berada di seluruh Indonesia.

Tujuan dari PGRI adalah untuk memperjuangkan hak dan kepentingan guru. Tentunya, hak dan kepentingan yang dimaksud ini meliputi hal -hal yang positif ya. Misalnya mengenai bagaimana insentif atau tunjangan yang layak bagi guru, bagaimana penyusunan kurikulum dalam pendidikan, bagaimana cara mengasah kompetensi guru, dan lain hal.


Sekilas Sejarah PGRI
Jika menengok sejarah PGRI di masa orde baru, PGRI juga pernah berada di bawah komando Golkar. Sederhananya, PGRI di masa orde baru menyalurkan aspirasi politiknya melalui Golkar atau Golongan Karya atau yang kini lebih dikenal sebagai Partai Golkar.

Akan tetapi, seiring tumbangnya orde baru ini, sistem kerja dan proses penyaluran aspirasi dari PGRI pun ikut berubah. Setelah masa reformasi, PGRI menyatakan diri sebagai suatu organisasi yang independen.

Sebagai organisasi yang independen, artinya PGRI tidak lagi terikat pada kekuatan politik dari Partai Golongan Karya, mau pun partai lain mana pun. PGRI kini lebih leluasa dan merdeka dari kegiatan politik dan lebih berfokus hanya pada hak, kewajiban dan kepentingan guru -guru di dunia pendidikan.

Peran PGRI dalam pendidikan di Indonesia ini cukup besar loh ya. Para guru -guru inilah yang telah membentuk kita, sebagai anak bangsa, bisa menjadi lebih cerdas, berbudaya dan beretika. Meski sekarang degradasi moral bangsa kian santer terlihat, tapi setidaknya masih banyak pula penerus -penerus bangsa yang patut dibanggakan.

Tentunya, tugas untuk mencerdaskan dan membuat bangsa ini lebih beretika bukan hanya tugas para guru semata. Kita semua sebagai bagian dari bangsa Indonesia juga wajib mengambil peran penting ini.

Sudah tahu kan apa kepanjangan PGRI atau pun arti dari singkatan PGRI ini?