Sabtu, 29 April 2017

Apa itu MPASI?

Apa itu MPASI?

Bagi para bunda alias ibu - ibu alias emak -emak, pasti sudah tahu donk apa itu MPASI? MPASI adalah salah saru istilah yang sangat lekar dengan keseharian para ibu yang memiliki bayi. Terutama, bagi ibu yang bayinya sudah mulai berusia setengah tahun atau lebih.

Apa itu MPASI?

Nah, kali ini kita akan bahas tentang apa itu MPASI ya. Meski ini adalah istilah sepele yang umum digunakan, tapi bagi yang belum tahu, boleh disimak di sini.

Jadi, MPASI adalah singkatan dari Makanan Pendamping ASI alias Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Artinya, ini adalah makanan yang mulai diberikan pada bayi sebagai makanan pendamping atau makanan tambahan selain ASI.

Dalam hal ini, karena ini adalah makanan pendamping, maka perlu dipahami bahwa ASI tetap adalah yang utama. Jadi, jangan sampai salah kaprah dengan membolak balikkan antara mana yang utama.

Sebab, banyak ibu yang salah mengartikannya sehingga makanan dari MPASI ini justru dijadikan sebagai makanan utama. Sedangkan ASI atau susu yang diberikan pada bayi justru menjadi makanan pendamping. Padahak, meski mulai makan sesuatu selain susu, bayi sebelum genap berusia 2 tahun tetap membutuhkan susu sebagai sumber energinya.

Lalu, kapan biasanya MPASI mulai diberikan pada bayi? Secara umum, medis menganjurkan MPASI mulai diberikan pada saat bayi berusia 6 bulan. Hanya saja, ada juga orang tua yang mulai memberikan MPASI sebelum si kecil berusia 6 bulan.

Pemberian makanan pendamping ketika bayi berusia kurang dari enam bulan tidak disarankan secara medis. Sebab, pencernaan bayi masih belum cukup sempurna untuk mencerna makanan selain susu.