Jumat, 11 Januari 2019

Apa kepanjangan dari GPN?

apa itu GPN

Jika Anda memperhatikan wujud kartu ATM baru yang diluncurkan oleh berbagai bank di Indonesia, Anda akan menemukan adanya tulisan GPN. Tapi, karena masih baru, tulisan GPN ini biasanya ditemukan di kartu-kartu ATM yang juga baru dibuat, atau ketika Anda baru membuka rekening awal.

Jadi, bagi yang ATM nya sudah lama, Anda mungkin tidak bisa menemukan adanya tulisan GPN ini di kartu ATM Anda ya. pertanyaannya sekarang, apakah Anda tahu apa kepanjangan dari GPN?

Kepanjangan GPN adalah Gerbang Pembayaran Nasional. Ini adalah istilah yang digunakan untuk menyebut sistem nasional yang menggantikan ATM lama yang dulu biasa menggunakan sistem visa dan master card.

GPN adalah sistem nasional pengawasan peredaran keuangan yang ada di Indonesia. Jadi, dengan menggunakan sistem ini, pemerintah Indonesia akan lebih mudah mengawasi transaksi yang berlangsung di dalam negeri, terutama yang berlangsung via perbankan.

Pengawasan ini menjadi mudah karena semua transaksi diawasi melalui satu pintu, Gerbang Pembayaran Nasional. Tapi, perlu diketahui juga bahwa dengan sistem GPN ini, ATM Anda yang berlogo GPN ini tidak bisa digunakan untuk transaksi di luar negeri ya. ATM dengan logo GPN hanya bisa digunakan untuk transasksi di dalam wilayah negara Indonesia saja.

Tidak usah khawatir bagi Anda yang hobi plesir di Luar Negeri ya. Sebab, setiap orang yang memiliki akun perbankan hanya diwajibkan memiliki satu ATM saja dengan logo GPN. Jadi, jika Anda memiliki 5 kartu ATM, cukup 1 saja yang diubah ke bentuk GPN nantinya, sementara sisanya boleh masih dengan visa dan mastercard agar tetap bisa berfungsi di luar negeri.

Jadi, sudah tahu bukan apa kepanjangan dari GPN? Selamat bertransaksi memanfaatkan produk nasional ya.