Sabtu, 12 Januari 2019

Apa Kepanjangan dari KKN?

apa itu kkn

Masih ingat dengan KPK? Ini adalah suatu komisi khusus yang dibentuk di Indonesia untuk menangani kasus korupsi. Satu istilah yang cukup dekat dengan KPK adalah istilah KKN. Anda tahu apa kepanjangan dari KKN?

Kepanjangan KKN bisa disampaikan dalam dua hal. Pertama adalah KKN yang berhubungan dengan KPK tadi. KKN yang satu ini jelas dilarang oleh negara dan harus kita hindari sebisa mungkin.

Jadi, apa kepanjangan dari KKN berhubungan dengan hal pertama ini? Kepanjangannya adalah Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Sudah tahu kepanjangannya bukan? Kalau untuk pengertian masing-masingnya sudah tahu?

Secara singkat dan sederhana, pengertian korupsi adalah tindakan yang merugikan negara dalam konteks keuangan, seperti dengan melakukan mark up, penyuapan, atau pengambilan dana tidak sesuai dengan ketentuan negara yang sah.

Adapun kolusi adalah melakukan tindakan kecurangan dalam pelaporan keuangan negara, dengan menyertakan bukti laporan keuangan yang dibuat dan dirancang sedemikian rupa sehingga tampak relevan, padahal tidak.

Nah, sedangkan nepotisme adalah tindakan merugikan negara dengan mengutamakan keluarga, kerabat atau saudara atau kelompok, untuk mengambil alih proyek negara, atau tindakan tidak terbuka dalam pemerintahan.

Selanjutnya, ada KKN dalam arti yang lebih positif. Barangkali, kepanjangan KKN ini yang Anda cari. Kepanjangan KKN yang kedua berhubungan perkuliahan ya, karena ini adalah program dari ristekdikti dalam mengembangkan kompetensi para mahasiswa Indonesia.

Kepajangan KKN adalah Kuliah Kerja Nyata. Jadi, dengan program KKN ini, mahasiswa tidak hanya akan mempelajari berbagai hal secara teori saja, melainkan juga bisa mempraktekkannya. Dalam program KKN ini, mahasiswa dituntut untuk mampu mengembangkan kreativitasnya dalam dunia nyata melalui berbagai program kerja atau pengabdian pada masyarakat.