Sabtu, 12 Januari 2019

Apa Kepanjangan dari KPK?

apa itu kpk

Boleh dikata Indonesia adalah negara yang sangat peduli terhadap kebersihan birokrasinya. Karenanya, Indonesia berusaha sebisa mungkin memberantas tindakan korupsi. Ini dibuktikan dengan dibentuknya KPK. Anda tahu KPK bukan? Ya! Lembaga yang biasa menangani masalah korupsi.

Tapi, tahukah Anda apa kepanjangan dari KPK? KPK adalah kepanjangan dari Komisi Pemberantasan Korupsi. KPK adalah lembaga independen yang ada di Indonesia, yang secara khusus ditugaskan untuk menangani masalah korupsi sekaligus untuk memberantas korupsi.

Jadi, tugas KPK di sini cukup berat ya? Tim KPK harus mampu melacak adanya tindakan korupsi, terutama yang dilakukan di lembaga pemerintahan. Jika KPK mencium adanya bau-bau penyelewenanga korupsi, KPK harus bertindak cekatan untuk mengumpulkan bukti dan menangkapnya.

KPK memiliki skema sendiri dalam penangkapan dan penanganan para narapidana kasus korupsi ini. Yang terpenting, apa yang dilakukan KPK semuanya harus mampu mendorong terciptanya pemerintahan yang bersih dari tindak korupsi alias mewujudkan good governance.

Nah, jadi, sudah tahu apa kepanjangan KPK bukan? Komisi Pemberantasan Korupsi. Komisi ini hanya ada di Indonesia loh. Di negara lain, tentunya dengan nama berbeda.