Minggu, 08 Desember 2019

Apa itu Bitcoin?

Apa itu Bitcoin

Kata bitcoin sedang ramai diperbincangkan. Tapi, banyak orang masih bingung apa itu bitcoin. Bitcoin bisa dibilang sebagai pionir atau pelopor dari cryptocurrency atau aset kripto dan juga teknologi blockchain. 

Bitcoin dikembangkan karena dorongan dari adanya krisis keuangan global yang berlangsung pada tahun 2008. Untuk mengatasi krisis keuangan global tersebut, muncul ide yang bertujuan untuk menghilangkan ketergantungan dari otoritas yang terpusa, sehingga muncullah aset berupa mata uang digital. 

Aset kripto ini lalu terus berkembang dan terus berevolusi sehingga memunculkan banyak aset kripto lain selain bitcoin. Contoh aset kripto lain yang cukup populer adalah Ripple, Litecoin, dan juga ada Ethereum yang menjadi programmable cryptocurrency pertama yang muncul di tahun 2015. 

Masing-masing aset kripto ini memiliki keistimewaannya sendiri. Dengan keistimewaannya masing-masing, aset kripto dianggap dapat berperan dalam mendukung stabilitas ekosistem bisnis dan ekonomi di masa depan. 

Di masa-masa sekarang, dunia cryptocurrency banyak mengalami supply and demand untuk traksaksi jual beli aset kripto. Komoditas aset kripto semakin merebak di seluruh dunia sehingga melambungkan harganya aset ini. 

Fenomena ramainya bitcoin dan aset kripto lainnya juga terjadi di Indonesia. Orang-orang mencari tahu apa itu bitcoin dan berusaha memahaminya. Tak sedikit pula orang Indonesia yang ikut berinvestasi dalam bitcoin atau aset kripto lain.

Faktanya, blockhain dan cryptocurrency disinyalir menjelma sebagai disrupsi yang berujung pada ramainya revolusi industri 4.0 yang akan ikut berpengaruh pada eksosistem dan behavior industi di masa depan.