Minggu, 15 Maret 2020

Apa itu Pandemi?


Awal tahun 2020, dunia mengalami kepanikan luar biasa karena hadirnya virus baru yang dinamai covid-19 atau yang populer disebut sebagai coronavirus. 

Bahkan, pada awal maret 2020, WHO sebagai organisasi kesehatan dunia menyatakan bahwa covid-19 sebagai pandemi. WHO menetapkan covid-19 pada status pandemi global. Nah, apa itu pandemi? Adakah yang belum paham maksud dari pandemi? 

Apa itu pandemi? 

Pandemi berasal dari bahasa Yunani παν pan semua + δήμος demos orang. Pandemi digunakan untuk menyebut kondisi ketika ada epidemik penyakit yang menyebar di wilayah geografis yang luas, melingkupi beberapa benua, atau bahkan mencapai seluruh dunia.

Panentuan suatu penyakit sebagai wabah pandemi atau tidak, lebih didasarkan pada jangkauan geografis atau penyebaran penyakit tersebut, yang luas dan cepat. Bukan semata mata berdasarkan tingkat keparahan dari penyakit tersebut ya. 

Baca juga: APA ITU ZAT BESI?

Menurut World Health Organization (WHO),L sendiri menyatakan bahwa suatu penyakit dikatakan pandemik  jika telah memenuhi tiga kondisi berikut :

- Munculnya penyakit baru pada penduduk
- Penyakit tersebut menginfeksi manusia, dan berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya
- Penyakit tersebut dapat menyebar dengan mudah dan berkelanjutan di antara manusia

Status Pandemi juga dinyatakan ketika ada penyakit baru yang orang-orang tidak memiliki kekebalan terhadap penyakit tersebut, sedangkan penyakit itu menyebar luas di seluruh dunia di luar dugaan.

Biasanya, status pandemi akan diputuskan setelah muncul gelombang infeksi dari orang ke orang di seluruh komunitas dalam jangkauan geografis yang luas.

Ketika suatu penyakit telah Dinyatakan sebagai pandemi global, tentu dunia internasional harus waspada terhadap penyakit itu. Berbagai tindakan pencegahan penyebaran dan pengobatan harus dilakukan secara cekatan. 

Semoga, dunia selalu aman dari wabah pandemi dan jikapun ada, bisa segera teratasi dengan baik.