Kamis, 23 April 2020

Apa itu Franchise Fee?

Apa itu Franchise Fee?

Ingin terjun dalam dunia bisnis tapi tak mau ribet? Franchise memang bisa jadi pilihan tepat. Tapi sebelum memutuskan membeli franchise, pahami dulu istilah istilah penting dalam bisnis franchise, seperti franchise fee. 

Sebab, hampir semua jenis franchise menuntut adanya pembayaran franchise fee. Pertanyaannya, apa itu franchise fee? 

Apa itu franchise fee? 

Franchise fee dalam dunia bisnis franchise didefinisikan sebagai biaya pembelian hak franchise yang dihitung dalam jangka waktu tertentu. Franchise Fee adalah nilai yang oleh franchisee atau pembeli franchise, kepada Franchisor atau penjual/pemilik franchise. 

Franchise ini merupakan suatu bentuk “penghargaan” yang diberikan atas pengalaman Franchisor yang sukses menjalankan dan mengembangkan format bisnisnya sehingga dapat diduplikasi dengan sistem franchise.

Baca juga: HARI KEMERDEKAAN SINGAPURA

Pembayaran Franchise Fee hanya dilakukan sebanyak satu kali saja, yakni ketika awal masa perjanjian franchise. Karena pembayaran ini, franchise fee terkadang juga disebut sebagai one time fee.

Ingat, franchise fee ini berbeda dengan royalty fee ya. Karena yang dimaksud sebagai Royalty Fee adalah kontribusi bagi hasil dari pendapatan Franchisee (biasanya dari penjualan) atas penggunaan HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) yang dimiliki oleh Franchisor dalam menjalankan bisnisnya.

Jadi, sudah jelas apa itu franchise fee bukan? Semoga bermanfaat.