Jumat, 01 Mei 2020

Apa itu CEO? Apa Tugasnya?

Apa itu CEO? Apa Tugasnya?

Pernah mendengar istilah CEO? Pasti sering ya? Terutama, bagi Kamu yang senang mengikuti perkembangan dunia bisnis, sekaligus bagi Kamu yang senang mengikuti perkembangan dunia drama ala bos bos. Istilah CEO pasti sering muncul.

Lalu, apa itu CEO? Apa kepanjangan CEO dan apa pula tugas CEO? Mari ktia simak.

Kepanjangan CEO

Kepanjangan CEO adalah Chief Executive Officer. Chief Executive Officer merupakan ‘kepala’ atau yang memimpin. Executive berarti jajaran direksi. Sehingga definisi CEO adalah seseorang yang dipercaya memimpin jajaran direksi suatu perusahaan. 

Sederhananya, dia adalah pemimpin perusahaan. CEO adalah jabatan seorang pada pimpinan puncak di suatu perusahaan. Orang yang memegang jabatan CEO berarti ia juga menjadi representasi dari perusahaan tersebut. 

CEO bahkan disebut sebagai muka dari perusahaan, yang mewakili perusahaan dalam hubungannya dengan para relasi di luar perusahaan, seperti dengan press, investor, juga dengan security exchange.

Tugas CEO yang paling utama adalah untuk menentukan arah perusahaan, menentukan strategi yang hendak dijalankan untuk mengembangkan perusahaan, menetapkan pilihan akuisisi, serta menetapkan berbagai keputusan besar yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Bagi suatu perusahaan, CEO ibarat seorang kapten pada sebuah kapal. CEO menjadi sosok yang disebut “pemimpin” yang sebenarnya dari perusahaan, entah perusahaan itu adalah perusahaan besar maupiun kecil, CEO tetap menjadi sosok pemimpin paling atas dalam struktur organisasi perusahaannya. 

Baca juga: APA ITU FRANCHISE FEE?

CEO harus mampu mengawasi segala operasional perusahaan dan memastikan bahwa operasional tersebut dapat mengantarkan pada goal perusahaan. CEO juga disebut sebagai Direktur Utama.

Direktur utama ini merupakan representasi dari leader yang duduk di jajaran direksi. Oleh karena itu, keberadaan CEO bisa diangkat oleh dewan komisaris. CEO secara umum juga memiliki siklus masa jabatan, terkadang per 5 tahun atau per 10 tahun, bergantung pada kebijakan perusahaan.

Namun, perlu diketahui bahwa seorang CEO tidak bisa memimpin perusahaan sendirian. CEO membutuhkan bantuan dari jajaran direksi yang ada di bawahnya. Misalnya saja, CEO didukung oleh kehadiran Wakil Direktur. 

Nah, Wakil Direktur inilah yang biasanya memiliki banyak istilah baru, yang sering membuat orang bingung, seperti CMO, CFO, CTO, atau bahkan COO.