Apa kepanjangan BUMN dan BUMD?

kepanjangan BUMN

Pernah mendengar kata Bumn? Ketika belajar tentang perekonomian, kamu mungkin akan berjumpa dengan istilah BUMN maupun BUMD. Apa kepanjangan BUMN dan apa pula kepanjangan BUMD? 

BUMN adalah singkatan dari Badan Usaha Milik Negara. Jadi gampangnya, ini adalah bentuk perusahaan yang dimiliki dan dikelola oleh negara, serta keuntungan yang diperoleh juga untuk kesejahteraan negara beserta rakyatnya. 

Sedangkan kepanjangan BUMD adalah Badan Usaha Milik Daerah. BUMD juga dimiliki oleh negara dan dikelola oleh negara. Hanya saja, pada BUMD pengelolanya berada di tingkat pemerintah daerah. 


Secara lebib spesifik, perbedaan BUMN dan BUMD terletak pada skala pengelolaannya atau kepemilikannya.  BUMN dan BUMD sama sama milik negara dengan tujuan untuk kesejahteraan rakyat. Hanya saja, BUMN kepemilikan dan pengelolaannya berada di tingkat pemerintah pusat dan ditujukan untuk seluruh rakyat di negara. Begitu pula BUMN juga dapat beroperasi di seluruh wilayah Indonesia. 

Sedangkan pada BUMD, skala kepemilikan serta operasi bisnisnya berada di tingkat pemerintah lokal. Jadi, pemiliknya adalah daerah tertentu. Kepemilikan BUMD juga harus dipisahkan dari kekayaan daerah. Dari sisi operasional, BUMD dapat menyelenggarakan kegiatan usaha di wilayah asalnya atau di wilayah lain, dengan syarat adanya izin kerjasama dari pemerintahan daerah tersebut.

Demikian kepanjangan BUMN dan BUMD serta penjelasannya.