Kamis, 20 Agustus 2020

Apa Itu Daring dan Luring?

 Istilah daring dan luring baru-baru ini semakin ramai didengar. Masa pandemi memaksa banyak orang untuk membatasi kegiatannya di luar rumah. Inilah yang kemudian mendorong semakin ramainya berbagai kegiatan yang diselenggarakan secara daring. 

Lantas, apa itu daring?

KBBI Kemendikbud menjelaskan bahwa daring adalah akronim atau singkatan dari “dalam jaringan”. Ini berarti hal-hal yang salng terhubung melalui jaringan, seperti jejaring komputer, internet, dan sebagainya.

Daring digunakan untuk menyebut kegiatan-kegiatan yang dilakukan melalui jaringan atau online ini. Kegiatan-kegiatan daring bisa berupa webinar, rapat online, kelas online, KKN online, sampai kuliah online. 

Seluruh kegiatan yang dilakukan menggunakan jaringan internet dan/ atau perangkat komputer disebut sebagai kegiatan daring. Yang tak kalah populer saat ini adalah kegiatan pembelajaran daring. Bisa dipahami bahwa pembelajaran daring adalah metode belajar yang menggunakan model interaktif berbasis internet dan Learning Manajemen System (LMS). Seperti menggunakan Zoom, Google Meet, dan sejenisnya.

Baca juga: ARTI KUTU BUKU APA YA? CEK DI SINI

Sebaliknya, Apa itu Luring?

Lawan daring adalah luring. Apa itu luring? Luring adalah akronim atau singkatan dari “luar jaringan”. Luring berarti terputus dari jejaring komputer, atau tidak menggunakan jangkauan online. 

Jenis kegiatan yang dilakukan secara luring contohnya menonton acara TVRI sebagai pembelajaran siswa sekolah, mengumpulkan karya berupa dokumen, pembelajaran tatap muka, serta praktikum langsung. Kegiatan Luring tidak menggunakan jaringan internet dan komputer, akan tetapi dengan memanfaatkan media lainnya yang tidak menggunakan internet, seperti TV dan dokumen.

Jadi, sudah jelas apa itu daring dan luring?

Serta apa bedanya daring dan luring?