Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Apa itu Game Theory?

Bagi para pemain pasar alias trading, istilah game theory adalah istilah penting untuk dipahami. Tentunya, para pemain pasar perlu mengetahui kapan market akan dibuka merah dah kapan akan menjadi hijau. Nah, lika liku pasar ini, ternyata bisa juga dilihat berdasarkan suatu teori, yakni game theory atau teori permainan. 

Game Theory

Apa itu game theory?

Secara sederhana, game theory merupakan ilmu yang mempelajari bagaimana interaksi antar agen ekonomi dapat menghasilkan situasi atau imbal hasil tertentu. Jadi, melalui teori ini, kita bisa melakukan prediksi hasil dari sebuah permainan, yang tentu saja harus melibatkan lebih dari dua orang pemain.

Bagaimana cara mempridiksinya? Prediksi ini bisa diperoleh ketika tiap pemain secara rasional telah memilih strategi berdasarkan konteks permainan dan paham konsekuensi dari pilihannya. Artinya, para pemain saling berinteraksi dan memiliki serangkaian informasi sebagai landasan mengambil tindakan.

Ada prinsip utama yang dipegang dalam teori ini, yakni pemain mengambil keputusan bukan hanya berdasarkan faktor internal, akan tetapi juga berdasarkan faktor eksternal. Ini membuat perilaku pemain dalam suatu permainan sangat dipengaruhi oleh pemain lainnya.

Nah, dari kerumitan interaksi para pelaku pasar inilah, kita bisa melakukan prediksi gerakan pasar. Dengan memahami game theory lebih mendalam, kita bisa mengetahui konsep spekulasi di pasar modal.

Simpulannya, game theory adalah teori model ekonomi dengan simulasi, yang terjadi dalam bentuk interaksi pelaku-pelaku ekonomi, entah itu perusahaan, pemerintah dan konsumen, dalam jumlah yang sedikit, sehingga dapat diprediksi pengaruh yang terjadi bagi masing-masing pelaku sebagai akibat interaksi yang dilakukan.